Pemda Apresiasi Pengukuhan PWI Konsel

Suasana Pengukuhan Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Konawe Selatan, Foto: Isw.
Suasana Pengukuhan Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Konawe Selatan, Foto: Isw.

Konawe Selatan, Aspiranews.id _ Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dikukuhkan, di Wonua Monapa Hotel dan Resort,” Senin malam (18/9/2023)

Pengurus PWI Kabupaten Konsel dikukuhkan langsung oleh Ketua PWI Sultra, Sarjono, kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Konsel, Ketua DPRD Konsel, Ketua DPD KNPI Sultra, KPUD Konsel, OPD Konsel, dan para pewarta lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan, jurnalis merupakan mitra strategis pemerintah daerah, khususnya dalam membangun daerah Konsel yang berbasis Ekonomi.

“Kepada Ketua PWI, sesungguhnya kita ini saling membutuhkan, sebenarnya kita ini adalah mitra strategis,” ujarnya

Menurut bupati dua periode itu menilai, diera digitalisasi peran media sangat besar untuk mengedukasi masyarakat, dan memberitakan pembangunan serta mempromosikan pariwisata yang ada di Konsel.

Baca Juga:  Pleno PPK Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Kecamatan Angata Final, Polsek Angata Kawal Kotak Suara Kembali Ke Gudang Logistik KPUD Konsel

“Pemerintah pusat mendorong daerah untuk selalu melakukan inovasi untuk kepentingan masyarakat,” tuturnya

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo mengatakan, pengukuhan pengurus PWI Konsel, perlu untuk mendapat apresiasi dari Pemerintah dan stakeholder.

Pasalnya, dengan adanya wadah wartawan melalui PWI, tentunya sudah ada tempat seluruh wartawan berhimpun untuk membantu pemerintah dalam membangun Konsel melalui berita yang disajikan.

“Sebagai Ketua DPRD Konsel, tentunya sangat mendukung terbentuk dan dikukuhkannya organisasi PWI di Kabupaten Konawe Selatan, kami siap menjadi mitra dan saling bantu membangun Konsel,” katanya

Sementara itu, Ketua PWI Sultra, Sarjono mengungkapkan, tujuan terpenting PWI Konsel terbentuk untuk mendorong iklim informasi yang sehat dan baik untuk masyarakat konsel, serta berkolaborasi bersama pihak manapun baik pemerintah maupun masyarakat.

Baca Juga:  Polisi Amankan Seorang Pemuda Diduga Jual Dua Gadis Dibawah Umur di Jombang

“PWI harus bisa mewadahi aspirasi teman-teman, tidak hanya pada pemerintah atau DPRD tapi juga menjalin komunikasi baik dengan masyarakat,”ungkapnya

Menurut Sarjono, tantangan profesi wartawan adalah membantu memberikan informasi yang valid dan masyarakat lebih mempercayai media mainstream ketimbang informasi yang ada di sosial media.

“Tantangan kita bagaimana, kebenaran informasi yang diterima oleh masyarakat, Kita berharap dengan hadirnya organisasi PWI Konsel, bisa meningkatkan kapasitas wartawannya, jika anda menemukan berita itu di media maka itulah yang benar, bukan kemudian lebih mempercayai sebaran informasi melalui sosial media,” pungkasnya

Reporter: Fn

Pos terkait