Deklarasi Pemilu Damai 2024 Polres Lamongan Pastikan Wilayah Lamongan Aman Kondusif

Suasana Polres Lamongan mengelar Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK) Deklarasi Pemilu Damai 2024 agar Wilayah Lamongan Aman Kondusif

LAMONGAN, ASPIRANEWS.ID _ Memasuki tahapan Pemilu, Kepolisian Resort (Polres) Lamongan Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK) dan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 Kabupaten Lamongan

Acara FKS itu dihadiri oleh berbagi pihak, diantaranya Forkopimda Kabupaten Lamongan, staf Bawaslu, perwakilan partai politik peserta pemilu, dan ketua MUI kecamatan se Kabupaten Lamongan.

Suasana acara Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK) dan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024

 

“Dalam sambutannya, Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha, S.I.K.,M.Si., menyampaikan pentingnya Pemilu sebagai fondasi demokrasi di Indonesia.

“Indonesia adalah negara demokrasi di mana pemilihan kepala negara dipilih oleh masyarakat melalui pemilu. Dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, Mabes Polri telah melaksanakan operasi dengan sandi “Mantab Brata 2024.”terang AKBP Yakhob Senin (13/11/23).

Baca Juga:  KPU Konsel Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024

Kapolres Lamongan juga mengungkapkan bahwa setiap Pemilu memiliki potensi kerawanan kamtibmas yang dapat dipicu oleh beberapa oknum tertentu.

Oleh karena itu, Polri berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, termasuk Forkopimda, Bawaslu, partai politik, dan tokoh agama, untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai.

Upaya tersebut juga untuk menanggulangi berita palsu (hoax) yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban selama pemilu.

Kapolres Lamongan juga memberikan pesan kepada KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) agar bekerja secara profesional dan proporsional dalam mengawal pemilu 2024 sehingga dapat berjalan aman dan tertib.

Selain itu, tokoh-tokoh agama di Kabupaten Lamongan diharapkan dapat aktif menyuarakan pesan-pesan kamtibmas untuk memastikan pemilu berjalan damai.

Baca Juga:  DPP PJS Minta Ketua DPD RI Buka Rakernas dan Beri Orasi Kebangsaan

Kapolres menekankan netralitas anggota Polri, bahwa mereka tidak boleh terlibat dalam pusaran politik Pemilu 2024.

“Polri menjunjung tinggi netralitas, dengan demikian Polri bisa tetap menjaga profesionalisme dan dedikasi dalam menjalankan tugas-tugas kamtibmas yang berkaitan dengan pengamanan pemilu.” tambahnya.

Ia menyebut Forum Silaturahmi Kamtibmas ini menjadi bukti nyata komitmen Polres Lamongan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai selama pemilu.

“Kami mengajak semua pihak untuk bekerja bersama-sama demi suksesnya Pemilu 2024 di Kabupaten Lamongan.” tutupnya.

Reporter: Swr

Pos terkait