Polres Bondowoso Gelar Psikoedukasi Stop Bullying Untuk Pelajar

Caption :Polres Bondowoso AKBP Lintar Mahardhono, SH. SIK melalui tim psikologi gelar kegiatan  Psikoedukasi Stop Bullying dikalangan Pelajar, Jum’at (7/06/24)

 

BONDOWOSO – JATIM, ASPIRANEWS.ID – Bullying adalah definisi tindak kekerasan di sekolah yang memiliki beberapa macam jenis, di antaranya berupa kekerasan fisik, psikis, ekonomi, status sosial, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah Bullying di kalangan pelajar, Polres Bondowoso Polda Jatim melaksanakan kegiatan Psikoedukasi oleh Tim Psikologi Polres Bondowoso di beberapa sekolah.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kapolres Bondowoso AKBP Lintar Mahardhono, SH. SIK usai olahraga bersama di Polres Bondowoso, Jumat (7/6/2024).

“Kami libatkan Tim Psikologi Polres Bondowoso untuk terjun langsung ke sekolah – sekolah yang ada di Bondowoso,”kata AKBP Lintar.

Baca Juga:  Mengenal Mansen Fotographer dan Videographer Asal Blora

Kapolres Bondowoso mengatakan dalam Psikoedukasi itu Tim Psikologi menyampaikan materi tentang Bullying, agar para Pelajar tersebut terhindar dari perbuatan bullying,

“Kita beri pemahaman dan himbauan agar siswa – siswi tidak terlibat bullying baik Bullying secara fisik,verbal dan psikis,”ujar AKBP Lintar.

Dengan kegiatan Psikoedukasi itu kata Kapolres Bondowoso diharapkan ada peningkatan kesadaran Siswa untuk tidak lagi melakukan bullying.

“Kita paparkan semua bentuk bullying, termasuk fisik, verbal, dan cyberbullying, serta dampak negatifnya, faktor-faktor penyebab bullying dan mengenali tanda-tanda perilaku bullying di sekitar mereka,”jelas Kapolres Bondowoso.

Kapolres Bondowoso juga berharap terbentuknya jaringan dukungan Internal di dalam sekolah yang terdiri dari siswa, guru, dan staf untuk bersama-sama memantau dan menangani masalah bullying.

Baca Juga:  Polres Nganjuk Gelar Latihan Satgas Pengamanan Capres dan Cawapres

Diharapkan pula adanya peningkatan kesejahteraan Psikologis siswa, mengurangi stres dan kecemasan akibat bullying, serta peningkatan rasa aman dan nyaman di sekolah.

“Selanjutnya Evaluasi dan Tindak Lanjut terhadap efektivitas program psikoedukasi ini, dengan umpan balik dari siswa untuk penyempurnaan program Tim Psikologi Polres Bondowoso, “pungkasnya.

 

(Reporter , Swr)

Pos terkait