DISDUKCAPIL OKU JEMPUT BOLA BANTU KORBAN BANJIR

Caption : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKU,mendatangi ke Desa Desa yang terdampak banjir memudahkan bagi warga mengurus dokumen yang hilang,(ft).

 

OKU SUMSEL, ASPIRANEWS.ID – Pasca banjir melanda Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), banyak warga mengalami kerusakan pada dokumen penting mereka. Hal ini mendorong Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU untuk segera jemput bola dengan mendatangi desa-desa terdampak.

Program itu bertujuan untuk memudahkan warga dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Kependudukan (KK), dan surat-surat penting lainnya yang rusak atau hilang akibat banjir.

Kepala Disdukcapil OKU, Suryadi mengatakan, bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu warga dalam mengurus kembali dokumen-dokumen yang rusak.

Baca Juga:  PemDes Telutu Jaya Kecamatan Tinanggea Giat Bangun Infrastruktur Guna Kelancaran Akses Pengankutan Hasil Produksi Warga.

“Kami langsung menyentuh masyarakat mulai dari lapisan bawah, kalau biasanya kami melakukan perekaman Identitas Kependudukan Digital (IKD) ke desa-desa, tapi inovasi kami di tahun 2024 ini jemput bola langsung cetak ditempat seluruh dokumen kependudukan untuk korban banjir,” kata Suryadi, Minggu, 2 Juni 2024.

Menurut dia, pihaknya menyadari bahwa pentingnya dokumen kependudukan tersebut untuk kebutuhan administrasi masyarakat. Oleh sebab itu Disdukcapil langsung turun ke desa-desa dengan cetak ditempat sehingga masyarakat langsung menerima KTP.

“Sejauh ini yang melapor ke kantor Disdukcapil OKU terdapat 400 -500 KK dokumen kependudukannya mengalami rusak atau hilang,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan program ini, Disdukcapil OKU bekerja sama dengan pemerintah desa setempat untuk mengkoordinasikan jadwal dan lokasi pelayanan.

Baca Juga:  Kunker Kapolda Jatim ,salah satunya Peletakan Batu Pertama Bangun Barak Dalmas di Polres Bondowoso.

Warga diharapkan membawa dokumen yang masih tersisa dan identitas diri lainnya yang dapat membantu proses verifikasi. “Ini semua gratis atau tanpa biaya apapun. Kami yang jemput bola,” pungkasnya.

Dengan adanya layanan jemput bola ini, diharapkan proses pemulihan pasca banjir dapat berjalan lebih lancar dan warga dapat segera kembali menjalani aktivitas normal mereka tanpa hambatan administrasi.

Program ini juga menjadi bukti nyata kepedulian pemerintah daerah terhadap warganya dalam menghadapi situasi sulit.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah dan masyarakat sangat antusias antri pembuatan dokumen kependudukan. (HA)

Pos terkait