Pemerintah Desa Lalowatu di Saat Menjelang Lebaran Idhul Fitri 1Syawal 1444 H,Dana BLT-DDS Tersalur

KONAWE SELATAN ,ASPIRANEWS.ID – Salah Satu Program Pemerintah Desa Lalowatu Kecamatan Tinanggea yang diatur dalam Perpres 130 tahun 2022 tentang Rincian Anggaran Pendapan dan Belanja Negara T.A. 2023 dan untuk penggunaannya diatur dalam PMK No : 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa dimana Bantuan Keuangan Dana Desa yang menekankan Bantuan Langsung Tunai (BLT) harus paling sedikit 10% dan paling banyak 25%. Dalam hal ini Pemerintah Desa Lalowatu menganggarkan untuk Kegiatan BLT dari Dana Desa sebanyak Rp.18,900.000.

Penerimaan BLT-DDS ini telah melewati hasil Musyawarah Desa untuk menentukan calon Penerima BLT-DDS dan hasil musyawarah tersebut menetapkan 21 orang Penerima yang tersebar di 4 Dusun 8 RT se-Lalowatu

Baca Juga:  Mengelola Timah, Membangun Negeri

Rabu, 20/04/23 Kaur Keuangan Desa ‘Martati,Kepala Desa Lalowatu ‘Amin,Ketua BPD,Sekdes, dan Staf Desa,dan disaksikan Camat Tinanggea’Herianto’,Kasi pemerintahan Desa(PMD) Kecamatan,pendamping Lokal Desa(PLD), kegiatan Penyaluran BLT-DDS Tahap I (pertama) Di Balai Desa Lalowatu, penyaluran dana tersebut dari bulan januari-maret dengan Jumlah penerima 21 orang dengan Realisasi sejumlah Rp. 18.900.000,- dimana penerima BLT-DDS tersebut menerima Rp. 300.000,- per orang Sebanyak 3 Bulan Jadi 9.000.000 x 3 = 18.900.000,-

Dalam hal tersebut Camat Tinanggea”Herianto menyampaikan kepada warga masyarakat penerima BLT-DDS agar memanfaatkan Bantuan Langsung Tunai ini untuk keperluan sehari hari,makanan yang berprotein untuk menjaga kesehatan agar sehat,saya harap dana tersebut betul-betul digunakan untuk kebutuhan,bukan dikasih suami beli rokok apalagi tinggal dua hari lebaran Idhul Fitri 1Syawal 1444 A2H,tururnya.

Baca Juga:  Forkopimda Malang Gelar Doa Bersama, Peringati Tragedi Kanjuruhan

Sementara Kades Lalowatu,’Amin’,juga menyampaikan bahwa sakiranya dana tersebut betul betul digunakan untuk keperluan kebutuhan dalam rumah tangga ,kenapa nanti menjelang saat lebaran Idhul Fitri 1 Syawal 1444 H tersalurkan supaya bermaafat bagi bapak/ibu untuk kebutuhan lebaran ini, tutupnya “Amin”,selaku kepala desa dua priode menjabat.

Salah satu warga penerima dana BLT-DDS yang enggak mau disebut namanya,menyampaikan sangat bersyukur disaat menjelang lebaran dana disalurkan oleh pemerintah Desa(pemdes) Lalowatu,sebab dana ini sangat bermanfaat sekali dibelanjakan saat 2 min hari lebaran Idhul Fitri 1 Syawal 1444 H kepada media Aspiranews.id saat diwawancarai di balai desa Lalowatu,ungkapnya.
Liputan.H L

Pos terkait