Pemda Bersama KPU Dan Bawaslu Konsel Teken NPHD Pilkada 2024

Suasana Penandatanganan NPHD Pemda Bersama KPU Dan Bawaslu Konsel Untuk Pilkada Tahun 2024, Foto: Isw

Konawe Selatan, Aspiranews.id _ Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) resmi menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terkait pelaksanaan dana hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 Mendatang

Penandatanganan NPHD bersama Pemda, KPU Konsel dan Bawaslu Konsel itu, berlangsung di Auditorium Kantor Bupati, rabu (01/11/2023).

Menurut Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga, mengatakan Penetapan NPHD telah melewati banyak tahapan serta ia mengakui sangat menantikan kegiatan penanda tanganan NPHD itu.

“Ini sudah lama dinanti-nantikan melihat tahapan yang mulai berjalan, sehingga baru dilakukan karena tahapan yang perlu dilakukan review dari inspektorat dan Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP),” kata Surunuddin.

Menurut orang nomor satu di Konawe Selatan itu, NPHD perlu segera dilakukan, sebab ia menilai agenda Pilkada merupakan kegiatan bersama.

Baca Juga:  Polisi dan Tim SAR Berhasil Selamatkan Wisatawan Hilang di Lereng Budug Asu Malang

“Pemerintah daerah berkewajiban memberikan supporting dalam proses demokrasi, meskipun ada kegiatan yang ditunda, untuk mengutamakan pesta demokrasi ini,” ujar Surunuddin dihadapan para Komisioner KPU dan Bawaslu.

Lebih lanjut Surunuddin, mengungkapkan Pemda Konsel selalu siap bersinergi bersama pihak KPU, Bawaslu untuk menyukseskan pemilu dan pilkada yang akan datang.

“Kalau ada hal-hal Pemda siap membantu untuk mensukseskan pemilu dan pilkada, Sebab sukses pelaksanaan diperlukan sinergitas antara KPU, Bawaslu dan Pemda, kesuksesan ini bukan hanya kesuksesan penyelenggara, tetapi kesuksesan daerah kita Konawe Selatan,” ujarnya

Mantan Ketua DPRD Konsel itu berharap, pertanggung jawaban keuangan utamanya dana hibah benar-benar transparan dan tertib administrasi.

“Saya yakin dan percaya baik KPU dan Bawaslu sudah mempelajari itu semua ditunjang dengan staf yang handal, gunakan anggaran dengan akuntabel, transparan, tertib administrasi sehingga menunjang suksesnya pelaksanaan, sukses penyelenggaraan,” harapnya

Baca Juga:  Ketua MUI Nganjuk Angkat Bicara Terkait Ketidakpuasan dengan Hasil Pemilu 2024

Ditempat yang sama ketua KPU konsel, Muh Yunan, mengapresiasi pemerintah daerah, yang telah memberi perhatian akan pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada mendatang.

Penandatanganan NPHD Bupati Bersama KPU Dan Bawaslu Konsel, (Kiri Ketua KPU Kanan Bupati Konsel) Foto:Isw

“Ini menjadi tanggung jawab bersama, dalam penandatanganan NPHD ini menandakan Pemda, KPU, Bawaslu sudah berkomitmen menyelenggarakan Pemilukada tahun 2024 dengan sukses penyelenggaraan dan berkualitas,” terang Yunan.

Hal senada juga di ungkapkan Ketua Bawaslu Konsel, Siambu, mengapresiasi bupati dan pemerintah daerah yang telah memberikan ruang penandatanganan NPHD.

“Ini prestasi yang ditunjukan bupati dan sudah memberi support kepada penyelenggara,”tandasnya

Untuk diketahui besaran NPHD yang dialokasikan untuk KPU Konsel berjumlah Rp 54.392.500.000.00 dan Bawaslu Konsel berjumlah Rp 19.119.697.000.00 Sedangkan alokasi dana pengamanan berjumlah Rp 14.127.076.616.00 Sehingga total anggaran Pemilukada di Konawe Selatan berjumlah Rp 87.639.273.616.00

Baca Juga:  Kapolres Pimpin Sertijab Kasat Lantas dan Kapolsek Tinanggea Serta Baito

Penandatanganan NPHD itu dihadiri oleh Komisioner KPU Konsel yakni, Anton Roberto, Sahabuddin, La Ode Darman, Eko Hasmawan Baso dan Sekretaris KPU Konsel, Aila, Komisioner Bawaslu, Bahru Musu, Asni dan Sekretaris Bawaslu Konsel serta Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), H Nisbahnurrahim, Kepala Kesbangpol, Muh Taufik Amin Lar.

Reporter: Ferlin

Pos terkait