Pemuda Konsel Gelar Dialog Kolaborasi Merawat Demokrasi

Ketgam: Suasana Dialog para pemuda Konawe Selatan yang mengusung tema Kolaborasi Merawat Demokrasi, Foto:Fn

Konawe Selatan, Aspiranews.id _ Dialog  “Kolaborasi Merawat Demokrasi” yang dihadiri puluhan tokoh pemuda bersepakat agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berlangsung damai tanpa money politik.

Kegiatan tersebut, digagas oleh CEO Warkop Andoolo Sasliansyah, yang menghadirkan pembicara dari organisasi Persatuan Wartawan Indonesia, (PWI) Komite Nasional Pemuda Indonesia, (KNPI) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Konsel dan penggagas Teras Literasi,” Kamis, (13/06/2024).

Dialog yang dilaksanakan di warkop Andoolo itu, narasumber dan peserta bersepakat untuk mendorong para kandidat bakal calon bupati dan wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur kedepan untuk melaksanakan Pilkada Damai tanpa Money Politik, terstruktur, sistematis dan masif.

“Kami dari pemerhati Pilkada tentunya menolak adanya pengesahan money politik sesuai tingkatan, meski usulan ini juga pernah disampaikan oleh anggota DPR RI di Komisi II, tetapi kita tidak sepakat dan ini akan menjadi preseden buruk terhadap pelaksanaan Demokrasi sesuai dengan amanah Undang undang yang diantaranya jujur dan adil,”ujar pendiri Teras Literasi Awaluddin AK

Baca Juga:  Mutasi Jabatan Kasat Reskrim dan Resnarkoba Polres Nganjuk, "Kapolres',..Siapapun Pejabatnya Tentu Akan Mengalami Mutasi

Menurut mantan anggota Bawaslu Konsel itu, dialog Pilkada dengan tema Kolaborasi Merawat Demokrasi yang diprakarsai CEO Warkop Andoolo ini merupakan momentum yang tepat, termasuk untuk terselenggara secara terus menerus dengan menghadirkan pembicara dari unsur luas, seperti dari Parpol, Aparat Penegak Hukum, bakal calon, Penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu termasuk Pemerintah.

“Sepakat apa yang disampaikan pak Safril Tamburaka, kiranya dialog ini tidak berhenti disini saja, tetapi berkesinambungan. Tinggal bagiamana formulasi dialog ini disepakati dan dilanjutkan,”tegasnya

Hal senada yang disampaikan Ketua KNPI Konsel, Yusran, bahwa Dialog Pilkada yang digelar pada hari ini merupakan hal yang baik dan positif dalam rangka menciptakan Pilkada Damai, aman tertib tanpa ada money politik dan TSM.

Baca Juga:  MK Putuskan Polri Tetap Berwenang Tangani Kejahatan Sektor Keuangan, Ini Tanggapan Bareskrim

“Saya kira sangat sepakat bila Pilkada Konsel berlangsung Damai dan aman. Sebagai unsur pemuda, tentunya akan mendorong dan mengingatkan juga kepada semua pihak untuk tetap menjaga Pilkada berlangsung aman dan damai serta adanya peningkatan partisipasi pemilih,”katanya.

Begitu juga yang disampaikan Ketua GP Ansor Konsel, Adnan Aprilianto, dialog seperti ini sangat diapresiasi dan didukung dalam rangka menciptakan Pilkada yang damai, aman, kondusif dan tentunya tanpa money politik dan terstruktur sistematis dan masif.

“Kami dari GP Ansor tentunya sangat mendukung kegiatan dialog Pilkada jelang Pilkada serentak bulan November 2024 mendatang. Kami sepakat dan mendukung kegiatan dialog pada hari ini dengan kehadiran puluhan pemuda dari berbagai elemen,”ujarnya

Baca Juga:  Polda Sumsel Apresiasi Kehadiran PJS, Kabid Humas: Kami Siap Backup Kegiatan Rakernas di Bumi Sriwijaya

Sementara itu CEO Warkop Andoolo mengaku, kegiatan itu terselenggara dengan kesepakatan semua pihak dalam rangka menuju Pilkada damai, aman dan tentram, harapannya semua unsur lembaga, pemerintah dan penyelenggara bersepakat untuk menjaga Konawe Selatan yang damai, sejuk bermartabat dan tetap menjaga tali silahturahmi.

“Kita semua bersepakat, kiranya kegiatan ini berkesinambungan, minimal sekali dalam sebulan kita menggelar dialog dan ada out put atau hasil dan ide yang lahir dari kegiatan ini. Terima kasih semuanya,” tutup Sasliansyah

Laporan: Fn

Pos terkait